Koleksi piring dan gelas

Sungguh, … agak segan rasanya menulis sisi yang satu ini, … apa mau dikata, hasrat mengalahkannya …

Pernahkah kita sekali-sekali melongok lemari dapur, atau lemari khusus barang pecah belah, atau lemari hiasan di sudut ruangan rumah, atau rak-rak dan tumpukan dus-dus di gudang?
Mari kita fokuskan pada benda-benda bernama barang pecah belah, khususnya lagi “piring dan gelas“.

Bermula saat kumpul-kumpul keluarga…..
Salah seorang ipar lelaki bercanda:” mas, bojoku (istri) ini setiap ada piring atau gelas model baru, mesti beli … . Bayangkan mas, (saya tidak membayangkan) di ruang tamu sudah berapa kali ganti, belum yang di …”.
Sang istri sigap memotong: ” loh, kristal itu untuk hiasan kan bagus”
Merasa si istri agak cemberut, ipar lelaki tadi berkata santai:” iya bagus, duitnya juga bagus … tapi seingat saya gak ada tamu yang muji-muji”.
Sambil menyandarkan tubuhnya si istri menyahut:” siapa bilang, … ibu-ibu kalo ke sini terkagum-kagum dengan koleksi gelas kristal kita”, sambil senyum bangga.
Suami tersenyum kecut:” wajar, wong memang sejenis …”.
Istri:” hiasan perlu toh untuk pemanis ruangan, selain itu nanti juga diperlukan kalo ada apa-apa, ah papa ini tau apa … “, timpalnya.
Suami menyeringai:” alaaaah, wong ada selamatan, ulang tahun … gak dipakai jugak”.
” Kan makai yang di dapur”, kata si istri sambil bersungut.
Suami melonjak:” lha … ya to … tumpukan beling anti banting itu ya, … dah berapa lusin tuh, belum yang dalam dus di gudang”.
” oooo, jadi ngga boleh beli begituan ya, maunya gelas plastik … gitu?” sergah si istri, lalu menoleh ke saya:” coba mas, apa salah?”

Saya hanya senyum-senyum ….
Sang istri pun tertawa riang:” lha kan, mas aja senyum-senyum … koq papa ribut sih … weeeekkk …”.

Setelah para wanita ke dapur nyiapin makan siang, para suami mendekati saya, bisik-bisik mereka bertanya:” mas, … mbakyu nggak pernah begitu ya …”, hampir serentak, wajah-wajah penasaran menunggu jawaban.

Masih sambil senyum akhirnya saya menjawab:
” maksudnya shoping yang tadi ya. Alhamdulillah, kalo mbakyumu itu nggak pernah …”, selagi jidat mereka masih berkerut, saya melanjutkan: ” nggak pernah ketinggalan, podo wae …”.
Hua hahahaha kamipun ngakak bersama…

Peringatan:
Setelah selesai baca posting pendek ini, tolong jangan sampai terhasut. Boleh saja melongok betulan, melihat kembali apa saja yang pernah dibeli di tempat-tempat penyimpanan barang tersebut.
Setelah usai silahkan duduk manis.

Bagi lelaki, (terutama yang punya istri) gak usah bawa kalkulator, tidak perlu bawa catatan, apalagi memindahkan ke spreadsheet. Tapi kalo mau begitu, tidak dilarang dan segala akibatnya tanggung sendiri.

Bagi wanita, jangan merasa disindir, jangan merasa dihakimi. Tetapi bila ingin merasa disindir dan dihakimi, tentu boleh. Dan bila kepingin sekali menumpahkan kejengkelan akibat tulisan ini, tumpahkan aja. Tetapi jangan ditumpahkan kepada suami ya …

Dan bagi para bujangan pria, siapkan mental dan uang ekstra …

pesan saya:
Jangan pernah menanyakan nominal belanjaan pasangan anda … bila anda ingin tau, pakailah strategi jitu, misalnya, … diajeng, waduhhh gelas kristalnya cantik banget, nanti saya pakai ya
Nah, … biasanya meluncurlah rahasia harga-harga …
Ngga mempan? … pakai cara lain, tetapi tidak dianjurkan membuka dompet atau tas istri anda hanya untuk ngecek harga belanjaan istri, hormati privacynya …

13 Komentar »

  1. wadehel said

    Iya ya, ibu2 memang punya hobi yang aneh. Beli gelas banyak tapi tidak boleh dipakai. Saya pernah nekat pakai gelas kristal untuk minum, malah diceramahi abis2an.

  2. Lita said

    Ahahahahaha…
    Ada yang begitu ya?
    *gak ngerasa*

    Saya mah ngiler kalo ngeliat buku atau bacaan. Buat saya, buat suami, buat anak, atau buat dikasih ke orang. Kalo gak inget punya anak, rela deh puasa demi beli buku :p

  3. Syarif Winata said

    heheheh ada ilmu tambahan sebelum nikah…šŸ™‚

  4. nYam said

    kalo gelas+cangkir kado nikah, itu diitung ga? abis mau ditinggal ato dikasih orang, kan sayang. tapi disimpen, kok ya bikin penuh?

  5. passya said

    biasa wanita….jaga-jaga siapa tau pas berantem bisa berguna, pernah denger piring terbang kan…šŸ™‚

  6. Berdalih untuk hiasan, seni, bisa dipakai nanti, padahal itu hanya nafsu saja untuk beli. Untung istri saya tidak menganut aliran seperti itu, lawong gak punya duit.

  7. fulan said

    @ wadehel,
    Nekat tuh, gelas kristal dipakai minum. Tapi ngga aneh koq, sebagian wanita senang keindahan. Ssssst, omong-omong yang nyeramahin siapa mas?šŸ™‚

    @ Lita,
    Wahhh, salut mbak, membekali ilmu untuk anak dan orang lain, kayak nasehat mbah saya dulu.
    Wahai kaum lelaki (termasuk saya), ini lho ada ibu teladan … sampai direwangi puasa. Saluuut…saluuut
    Btw, ngiler perumpamaan apa betulan?
    *ampuuun mbak*šŸ™‚

    @ Syarif Winata,
    kebetulan tuh ada mbak Lita, bisa konsultasi ama beliau.šŸ™‚

    @ nYam,
    hehehe, saya jugak ngga tau mau diapain ya. Mungkin dikasih tetangga yang ga mampu. Dijamin bermanfaat …šŸ™‚

    @ passya,
    Iya, pernah dengar “piring terbang”, tapi konon beli lagi … *bisik-bisik* ada juga yang bilang, supaya ada alasan beli baru …šŸ™‚

    @ helgeduelbek,
    … nafsu beli. Hebat deh pak, ngga nganut aliran konsumtif.
    Btw, bagi aliran pengoleksi, walau ngga ada duit, bisa kredit koq…šŸ™‚

  8. kikie said

    ngoleksi piring & gelas? enakan uangnya buat beli buku anak-anak…

    tapi saya mah belum nikah apalagi punya anak.

  9. fulan said

    @ kikie,
    cita-cita mulia …
    kalo ntar udah nikah dan punya anak trus berubah, juga ga apa-apa …šŸ˜€

  10. Lita said

    Ngilernya perumpamaan saja. Ngiler betulannya kalau lihat pak Bondan Winarno sedang makan lalu berkomentar, “Hmmm… Mak nyussss” hehehe

  11. fulan said

    @ Lita,
    Buku – Nulis – pak Bondan W – Mak nyusss …. entah ada hubungannya apa kebetulan. Beliau dulunya penulis, namanya penulis tentu diawali baca buku, sekarang keliling dunia sambil mak nyusss.
    Btw, saya sendiri kalo ke toko buku suka ngiler liat buku bagus, … akhirnya mau ga mau beli, karena takut “ngiler betulan” … hehehe

  12. nana-aceh said

    sama loh mbak, aku juga punya hobby beli2 barang yang pada akhirnya gak kepakai alias buat koleksi aja, padahal ampe harus nabung berbulan2. malah kadang2 kalo ada yg mo pake, rasanya berat bgt ngeluarinnya dr lemari hehehe. sempat sih kadang2 suami protes, kok boros gitu loh beli barang gak kepake, mending beli yg bener2 dibutuhkan. tapi yahh namanya hobby ya. tapi pesen aku sih buat para ibu2, inget2 juga kebutuhan lain yang bener2 mendesak. skala prioritas tetep harus ada. okey, peace

  13. wanita said

    Wow nice article about glass

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: