Nunggu eBook bananaTALK

Beberapa hari yang lalu, 24 Desember 2006, muncul postingan berjudul on eBook Project oleh mbak Lita . Intinya, keinginan beliau membuat eBook tentang bananaTalk. eBook nantinya dikemas dalam format pdf, dan yang penting untuk dicatat …. GRATIS. *kalo gak salah lho*. Ide tersebut, dimunculkan dalam bentuk posting pendek sekaligus menjaring pendapat para rekan-rekan blogger sebagai masukan melalui form komentar. Itulah yang tersurat .Sampai 27 Desember 2006 jam 01.26 wita, tercatat 13 komentar (pendapat) masuk menanggapi ide diatas, dan jadi 19 saat posting ini nongol. … selanjutnya…

Pada dasarnya semua memberi support, sependapat dengan keinginan mbak Lita.
Yang dapat saya tangkap dari pandangan (komen) rekan-rekan adalah semangat berbagi, maksudnya tak lain adalah disiminasi informasi.
Terutama informasi dari dunia maya ke dunia nyata, mengingat sebagian warga kita belum berkesempatan menikmati internet.
Pilihan format pdf menurut saya merupakan ide cerdas, selain rata-rata pengguna komputer sudah friendly dengan format diatas, menggunakan adobe reader, foxit reader dan pdf reader sejenisnya, juga mudah dicetak. Sehingga dapat diakses oleh semua kalangan. Bisa dibaca di depan komputer sambil menikmati musik kesayangan atau sambil berselancar. Dapat juga dibaca sambil santai (tentunya setelah dicetak ).Banyak sih ebook gratis bermunculan dalam bentuk tutorial atau lainnya dari berbagai disiplin ilmu. Namun yang ini spesial, karena yang ditulis adalah isi dapur sebuah blog.Sempat tercuat dalam pikiran saya untuk mengusulkan ebook dalam format exe standalone berbasis html. Setelah berpikir panjang, keinginan tersebut urung saya sampaikan karena ebook exe standalone selain punya keunggulan enable link dengan berbagai pernak perniknya, juga punya kelemahan mendasar yakni hanya dapat dibaca di depan komputer. Dan ini berarti aksesnya terbatas, yang tidak memiliki komputer tidak dapat menikmatinya.

Di tengah kesibukan bikin ebook dan kesibukan lain, akankah blog bananaTALK standby sementara?

Di satu sisi tidak ingin ngrusui mbak Lita, di sisi lain tetap ada komunikasi antara beliau dengan para fans (eh … bukan seleb koq mbak), dalam proses pembuatan ebook.

Kita tunggu … dan semoga kerja mbak Lita lancar. Amin

catatan:
Sehubungan dengan adanya permintaan pemilik Blog untuk tidak menampilkan topik terkait dengan topik di atas sebagai sumber inspirasi dan review penulis buku, maka dengan ini links tersebut saya nyatakan dihapus
disertai permohonan maaf yang setulus-tulusnya.
fulan

🙂

9 Komentar »

  1. wadehel said

    Duh, om, itu topik terkait jangan dipajang kenapa?
    Belum tentu dan sepertinya tidak mungkin di muat kok. Coba anda pikir, apa pantas buku dengan cover se… putih(?) itu memuat posting saya yang… agak vulgar(?). Mending dihapus dulu deh, nanti kalau serius dimuat baru deh.

  2. Itu buku mbahas apa yah? apa mundahin isi blog ke bentuk lain?

  3. fulan said

    @ wadehel,
    Ok Mas de Hel, siap laksanakan tugas …. maaf lho, ngga ijin duluan.
    Sekalian info sy di R. Tamu bisa dihapus
    Hehehe … *ndelik ah*

    @ helgeduelbek,
    Maaf pak, … waktu saya kunjungi hanya ada preview cover doang …
    Sinopsisnya belum ada, konon terbit akhir Desember 2006.
    Saya ngga ngira secepat itu, padahal ijinnya tgl 15 Desember 2006 …
    Yang pasti, saya mau beli, siapa tau Januari 2007 sudah ada di Gramedia.
    Isinya? silahkan tanya mas de Hel … royalty hahaha

  4. Lita said

    Waduh… bingung sayah. Lha sampe ada satu posting terdedikasi gini😛 (GR)

    Keinginan untuk membuat e-book memang untuk berbagi, demi memperluas jangkauan tulisan-tulisan saya. Tentu saja sambil ‘menembak bintang’ (shoot the star alias ada maunya). PDF dipilih karena warga internet sudah familiar dengan format ini, dan hasil cetaknya akan sesuai dengan yang kami inginkan.

    Idenya tidak begitu spesial, sebetulnya. Karena sudah ada beberapa teman yang bahkan menerbitkan buku berdasarkan blognya (he, bahkan saya belum pernah membaca Kambing Jantan sampai sekarang).

    Ya toh kami tidak sedang ingin berlomba berinovasi bikin terobosan baru. Ngga ada salahnya juga kan pakai ide yang sudah ada? Siapa tahu hasilnya disukai dan isinya juga tidak sama dengan blog-blog lain yang sudah ‘turun’ dari internet🙂

    Terimakasih atas bahasannya.
    Insya Allah sampai saat ini bananaTALK belum perlu ganti status jadi ‘standby’. Semoga bisa terus begitu sampai e-book dan buku bisa ‘turun gunung’🙂

  5. fulan said

    @ mbak Lita,
    Alhamdulillah, berkenan nengok di tengah kesibukan. Setuju dong, berbagi …🙂
    Ya beberapa ebook sempat saya baca dan mengambil manfaat darinya.
    Menurut saya, berlomba inovasi malah positif, demikian pula mengembangkan yang sudah ada, karena akan menambah varian dalam sentuhan ide dan penulisan.
    Oya hampir setahun ini saya ngumpulin alamat-alamat blog favorit (tertentu) untuk review, mempelajari setiap posting dari sisi human relationship-nya, termasuk blog mbak Lita, ngga keberatan kan (sebagai referensi pemikiran).
    Tujuannya, mencoba celah sinergi dengan bidang saya (yang masih dianggap eksklusif) agar mudah dicerna dan bermanfaat bagi sesama.
    Selamat bekerja, semoga sukses.🙂

  6. Lita said

    Huhu… jadi juga bananaTALK berstatus standby untuk sementara.
    Doakan… doakan.. Saya butuh banyak didoakan. Supaya tabah (halah, kaya apaan aja), supaya lancar, supaya… pokoknya ™ yang baik-baik deh🙂

  7. fulan said

    Cup,cup … *becanda*
    Rupanya Mbak Lita dikejar editor. hehehe.
    Tentu saya do’akan:
    Semoga lancar dalam menyelesaikan tugas, sukses dan Pokoknya ™ yang baik-baik. Amin.

  8. walah…sampe bikin satu artikel sendiri tentang rencana eblognya lita niy, emang deh blog lita okeh hehe..btw salam kenal ya pak pambayun🙂

  9. fulan said

    @ Irma Citarayani,
    Bukan artikel koq, cuman sedikit tulisan sebagai support.
    Salam kenal juga Mbak.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: